SINEREVIEW

Oct 19 2017 by arwuda

Tujuh Film Maker China Paling Berpengaruh dan Popular

SUKSES film Wolf Warrior 2 -- meraup Rp 13 triliun – melejitkan nama sutradara Wu Jing sebagai pembuat film box office. Namun keberhasilan Wu Jing, tak serta-merta menjadikannya sebagai sutradara nomor satu di China. Berikut merupakan daftar sutradara paling berpengaruh di China. Wu Jing sendiri berada di nomor 10.

Nama Stephen Chow ada di nomor satu sebagai pembuat film paling berpengaruh. Film-filmnya, dalam 10 tahun terakhir menempati box office baik di China daratan maupun dalam peredaran internasional. Pemeringkatan didasarkan pada pencapaian box-office, kritik media, popularitas, reputasi hingga preferensi pelaku industri perfilman.

 Berikut urutan sutradara paling berpengaruh dan film-film fenomenal mereka:

 

  1. Stephen Chow

 Stephen Chow

Stephen Chow Sing-chi (???, lahir 22 Juni 1962) selain dikenal sebagai aktor dan sutradara, ia juga hebat sebagai seorang  produser. Juga penasihat politik Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China dan seniman bela diri. Semenjak debut aktingnya tahun 1994, film-film Chow adalah penghasil box office. Puncaknya adalah Shaolin Soccer yang meraup lebih dari US $ 50 juta di seluruh dunia. Setelah Kung Fu Hustle – merup Rp 1,4 triliun – nama Stephen Chow menjadi jaminan film-film sukses.

 

Mermaid – Chow sebagai pemain, sutradara, produser – mampu meraih pendapatan sebesar Rp 7 triliun. Itu sebabnya, Stephen Chow dianggap sebagai pembuat film paling berpengaruh dan dinobatkan sebagai film maker nomor satu. Kapitalisasi kekayaan Chow ditaksir mencapai Rp 13 triliun.

 

  1. Tsui Hark

 Tsui Hark

Bernama asli Tsui Man-kong, adalah seorang sutradara film kelahiran Vietnam, produser dan penulis skenario. Tsui telah memproduksi dan juga mengarahkan beberapa film Hong Kong yang berpengaruh besar seperti A Better Tomorrow; A Chinese Ghost Story; Once Upon a Time in China dan yang paling terbaru adalah Young Detective Dee: Rise of the Sea Dragon. Saking hebatnya, ia dipandang sebagai sosok besar di era keemasan perfilman Hong Kong.

 

Nama Tsui Hark membawa perubahan besar film-film aksi laga Hollywood. Koreografi film-film Hollywood, sebagian besar merupakan contekan dari film-film karya Tsui Hark. Ia juga dianggap sebagai "salah satu master sinematografi Asia".

 

  1. Ang Lee

Ang Lee 

Berasal dari Taiwan, Ang Lee merupakan sutradara film, penulis skrip dan produser film. Lee dianggap sebagai maestro setelah sukses di film-film seperti The Wedding Banquet, Eat Drink Man Woman, Sense and Sensibility.  Puncaknya adalah Crouching Tiger and Hidden Dragon. Setelah itu, Ang Lee lebih banyak menyutradari film-film besar Hollywood seperti Hulk dan Brokeback Mountain. Dan film klasik-nya Life of Pi – meraih empat Oscar – menandai fenomena gerbong masuknya sutradara-sutradara China di Hollywood.

 

 

 

  1. Jiang Wen

Tentunya juga berdarah Tiong Hua, Jiang Wen merupakan aktor, penulis skrip dan sutradara film. Dia adalah kakak laki-laki aktor Jiang Wu. Sebagai sutradara, Jiang Wen kadang dikelompokkan dengan "Generasi Keenam" yang muncul pada 1990-an. Jiang juga dikenal secara internasional sebagai aktor, setelah membintangi film bersama Gong Li dalam film debut Zhang Yimou, Red Sorghum (1986). Dan tahu nggak, ia berperan sebagai Baze Malbus dalam film antologi Star Wars Rogue One (2016).

 

  1. Feng Xiaogang

 Feng Xiaogang

Lahir dari seorang profesor di universitas, Feng Xiaogang bergabung dengan Kelompok Seni militer di Beijing sebagai perancang panggung setelah sekolah menengah. Dia memulai karya filmnya sebagai perancang seni di Beijing Television Art Center pada tahun 1985. Ia juga terjun sebagai aktor, sutradara dan juga penulis skrip. Jaing Wen sukses membuat film-film di China daratan lebih komersial. Sebut saja film komedinya, Ge You yang meraih box office. Dalam beberapa tahun terakhir, selain komedi Jiang Wen juga tertarik genre drama.

 

  1. Zhang Yimou

 Zhang Yimou

Lahir pada tahun 1950, Zhang Yimou dihitung di antara generasi kelima pembuat film Tionghoa. Debut karya filmnya tahun 1987, Red Sorghum, merupakan film terbaik di Berlin International Film Festival (Golden Bear – 1988). Sejak itu, nama Zhang Yimou menginternasional dengan berbagai penghargaan film. Di antaranya nominasi Best Foreign Film untuk Ju Dou pada tahun 1990 dan Hero pada tahun 2003 (Academy Film Awards -- Oscar). Selain kolosal, karya-karyanya terbilang epic. Banyak bercerita tentang era kekaisaran dan dinasti-dinasti besar di Tiongkok. Karya mutakhirnya di Hollywood adalah Great Wall.

 

  1. Chen Kaige

 Chen Kaige

Film-film Chen Kaige paling dikenal untuk bakat visual dan cara storytelling yang epik. Selain menjadi sutradara film, Chen juga menjadi figur dari generasi ke-lima dalam sinema Cina. Memegang Green Card di Amerika Serikat, memudahkan Chen berkarya di Hollywood. Ia juga berkarya di perfilman Inggris. Chen juga bagian dari fenomena gerbong film maker China yang menginternasional. Semenjak karya filmnya Farewell My Concubine (1993) menang di Bafta Awards, Chen makin disegani. Karya internasional lainnya, Caught in the Web, dan yang komersial, Killing Me Softly. Hingga saat ini, Chen masih produktif memproduksi film di China daratan. Karya mutakhirnya, Legend of the Demon Cat.

 

*Disarikan dari CFI

 

(Sinemata/ BLA)

 

TRIVIA

Darah dan Doa (The Long March [of Siliwangi] atau Blood and Prayer) adalah film Indonesia pertama yang secara resmi diproduksi oleh Indonesia sebagai sebuah negara (setelah berakhirnya Perang Kemerdekaan Indonesia). Merupakan produksi pertama dari Perusahaan Film Nasional Indonesia (Perfini), Film ini disutradarai oleh Usamr Ismail dan dibintangi oleh Faridah. Skenario ditulis oleh penyair Sitor Situmorang, yang menceritakan kisah cinta seorang pejuang dengan seorang Belanda yang menjadi tawanannya.