SINEREVIEW

Jan 15 2018 by arwuda

Pitch Perfect 3 Lucu, Tapi Cuma Kejar Keuntungan

TAK terlalu buruk-buruk amat untuk film drama musikal petualangan seperti Pitch Perfect. Tiga sekuelnya meraih untung besar. Namun di sekuel ketiga ini, gelak-tawa penonton terasa lebih kencang. Gara-garanya ya aktingmaksimal Rebel Wilson.

Rebel Wilson yang memerankan Fat Amy – kadang ia pelesetkan namanya menjadi Fat Amy Winehouse – menjadi penyegar dari ketiadaan kebaruan sekuel ketiga Pitch Perfect. Karakter Amy bahkan sesungguhnya sentral cerita dibanding porsi peran yang dimainkan Anna Kendrick sebagai Beca. Termasuk tak hidupnya karakter Aubrey, Chloe maupun si wajah oriental, Lily, juga enam karakter lain. Mereka hadir sekadar sebagai pelengkap cerita – untuk tak menyebut sebagai tempelan. Bukan ensembel yang semestinya mampu mendukung leading role mengantar cerita.

Banyak film dengan cerita yang sederhana tapi tetap memikat. Banyak juga film-film dengan narasi sederhana namun memikat dalam mengemas cerita selama satu setengah jam. Tapi tidak untuk film Pitch Perfect 3 yang begitu lemah story-telling dan menyusun bangunan cerita. Jerky dan seakan kehabisan nafas.

Semestinya Pitch Perfect 3 juga menawan mengemas musik dan lagu-lagu film. Penampilan The Bellas –grup yang dimotori Beca – dari sisi koreografi terkesan tampil seadanya. Penampilan panggung mereka juga terkesan biasa saja.

Barangkali sedikit emosional saat mendengar lantunan lagu Hard to Say I’m Sorry dan Hello yang dilantunkan bapak Amy, si Fergus (diperankan John Lithgow), saat momen keduanya bertemu. Kisah masa lalu relasi anak-bapak akan selalu menyentuh saat bertutur tentang kenangan manis di antara Amy dan Fergus. Lantunan dua lagu itu yang membuat Pitch Perfect punya bobot cerita. Selebihnya, Pitch Perfect dianggap sekuel yang dibuat untuk mengulang keuntungan penjualan.

Pitch Perfect 2 mampu meraih pemasukan 250 juta dolar. Di sekuel ketiga masih bisa meraup 150 juta dolar. 

Pitch Perfect 3 bertutur tentang reuni The Bellas yang ditawarkan Aubrey. Rasanya sayang kalau The Bellas bubar, sementara anggotanya banyak yang belum bekerja. Kalaupun bekerja kerap hasilnya tak memuaskan. Beca, Amy, Chloe, Lily, Stacie, Cynthia, Jessica, Florencia, Ashley dan Emily, pun setuju dengan tawaran Aubrey. Tawaran Aubrey datang dari bapaknya yang tentara Amerika. Mereka harus berkompetisi dengan beberapa band dan keliling dari pangkalan ke pangkalan pasukan Amerika di daratan Eropa.

Menariknya, pemenang dari kompetisi akan ikut rekaman lagu terbaru DJ Khalifa.  

Sinemata/ *

Sutradara: Thrish Sie

Karakter dan Pemain: Beca (Anna Kendrick), Fat Amy (Rebel Wilson), Chloe (Brittany Snow), Aubrey (Anna Camp), Lilly (Hana Mae Lee), Stacie (Alexis Knapp), Cynthia (Ester Dean), Florencia (Chrissie Fit), Jessica (Kelley Jakle), Ashley (Shelley Regner),  Emily (Hailee Steinfeld)

TRIVIA

Academy Awards merupakan penghargaan perfilman paling bergengsi. Tayangan malam puncak Piala Oscar dinikmati jutaan penonton TV seluruh dunia. Tapi apakah ada hadiah uang diberikan kepada pemenang/nominee? Besarnya tergantung sponsor yang mau mengisi goodie bag. Tahun lalu nilainya sekitar Rp 50 juta, berupa voucer hotel sampai produk elektronik. Piala Oscar sendiri nilai produksinya hanya sekitar Rp 5 juta.