SINEREVIEW

May 31 2018 by arwuda

Film-film Lebaran: Ngakak Bareng, Jejeritan Berjamaah, Ketakutan Rame-rame

LEBARAN identik dengan libur panjang dan kesempatan berkumpul bersama keluarga. Peluang masyarakat menonton film juga semakin besar. Peluang ini pula menjadi alasan rumah produksi berebut merilis film di libur Lebaran

Kok berebut?

Ya, sudah bisa dipastikan bahwa libur panjang mendorong penonton beramai-ramai menyerbu bioskop sebagai tempat hiburan termurah. Empat tahun terakhir, film-film box office dihasilkan di libur Lebaran. Jailangkung, Insya Allah Sah, Sweet 20, Surat Kecil untuk Tuhan judul film yang sukses menangguk untung di Lebaran 2017. Jailangkung jawaranya dengan 2,6 juta penonton, Sweet 20 meraih 1 juta penonton, Insya Allah meraup 830 ribu penonton. Sementara Surat Kecil masih kebagian 715 ribu penonton. Kalau ditotal dari empat film box office 2017 itu saja, tak kurang dari 5,1 juta penonton merayakan Lebaran di bioskop.

Wajar jika Jailangkung dan Insya Allah meminta sekuel keduanya diputar di hari Lebaran 2018 ini. Selain dua film, ada empat film lagi, atau total ada enam film Indonesia bakal rilis bareng dan berebut simpati penonton di hari Lebaran. Potensi 5,1 juta penonton, bisa lebih di tahun 2018 ini, menjadi rebutan. Dan film mana yang bakal diminati, ditunggu saja saat Lebaran nanti.

Berikut enam judul film Indonesia yang rilis pas Lebaran tanggal 15 Juni 2018 nanti.

  1. JAILANGKUNG 2

Jailangkung 2 berharap dari 2,6 juta penonton tahun lalu, masih terikat dengan cerita yang ditawarkan rumah produksi Sky Media. Duo sutradara Jose Poernomo dan Rizal Mantovani masih memainkan bintang-bintang yang sama: Jefri Nichol, Amanda Rawles, Hannah Al Rashid, Lukman Sardi, dan Gabriella Quinlyn sebagai Tasya. Sedikit mengubah konsep, Jailangkung 2 lebih pada cerita horor dan petualangan. Duo sutradaranya menjamin, totalitas mereka menjadikan Jailangkung 2 lebih menyeramkan.

  1. Insya Allah Sah 2

Masih menjual franchise tokoh Raka (Panji Pragiwaksono), pemuda religius dan aneh, Insya Allah Sah 2 menjadi film yang hadir di Lebaran berurutan. Sutradara beralih, dari Benni Setiawan ke duo Umbara –Anggy dan Bounty. Rumah produksi MD Pictures menawarkan pemain lebih beragam mulai dari Donny Alamsyah, Luna Maya, Nirina Zubir hingga Ence Bagus.

  1. DIMSUM MARTABAK

Film produksi RA Pictures, rumah produksi milik Raffi Ahmad, mendapatkan jatah rilis filmnya di lebaran. Film drama komedi ini memainkan Ayu Ting Ting dan Boy William sebagai pasangan beda kasta. Ayu si miskin dan Boy, lelaki tajir. Film karya sutradara Andreas Sullivan ini juga dibintangi Acho Muhadkly, Tyas Mirasih, Ferry Salim, Magdalena, Meriam Bellina, Olga Lydia, hingga Stella Cornelia. Akankah drama komedi menjadi pilihan penonton di Lebaran ini, ditunggu saja hasilnya.

  1. 3 DARA 2

MNC Pictures lumayan sukses dengan sekuel pertama film 3 Dara yang meraih 666 ribu penonton di tahun 2015. Dan tiga tahun berselang dirilis sekuel keduanya. Masih menjual franchise tiga karakter Jay (Adipati Dolken), Affandy (Tora Sudiro), dan Richard (Tanta Ginting). Cerita 3 Dara 2 kali ini tentang diagnosis ketiga tokoh yang memiliki superioritas menjadi laki-laki. Ketiganya mendapat kutukan untuk merasakan penderitaan perempuan. Monty Tiwa menggantikan Ardy Octaviand di kursi sutradara film produksi MNC Pictures ini.

  1. TARGET

Raditya Dika identik dengan film laris untuk generasi muda. Drama komedi petualangan ini merupakan film produksi Soraya Films.  Selain Raditya Dika yang juga bertindak sebagai sutradara, Target diperankan Cinta Laura Kiehl, Samuel Rizal, Willy Dozan, Abdur Arsyad, Hifdzi Khoir, Romy Rafael, Ria Ricis, dan Anggika Bolsterli. Kisahnya tentang tokoh-tokoh yang  tiba-tiba terperangkap dalam permainan. Mereka harus menuruti intruksi yang diberikan suara berkarakter robot, Jika

  1. KUNTILANAK

Tiga sekuel Kuntilanak sempat menjadi film box office produksi MVP Pictures tujuh tahun lalu. Dulu tokoh utama film adalah Samantha diperankan Julie Estelle, namun di film kali ini cerita lebih terfokus pada lima anak-anak. Sutradara masih dipercayakan kepada Rizal Mantovani. Akankah Kuntilanak yang menjual petualangan anak-anak ‘di negeri horor’ akan berhasil, dinantikan saja saat rilis pas Lebaran.

Enam film nasional siap bersaing di saat Lebaran ini. Keenamnya siap mencetak box office, siapa yang juara dan meraih penonton terbanyak, masih ditunggu saat film rilis. Yang jelas, potensial penonton yang besar menjadi pertimbangan rumah produksi berebut penonton di hari Lebaran. Nah, momentum Lebaran sekaligus membuktikan bahwa film masih menjadi pilihan penonton mengisi hari libur panjang di bioskop dengan biaya murah. Bisa dinikmati beramai-ramai pula. Mau jejeritan berjamaah, ngakak bersama-sama, atau tegang beramai-ramai dalam kesenyapan bioskop?

(Sinemata/ ANH)

TRIVIA

Darah dan Doa (The Long March [of Siliwangi] atau Blood and Prayer) adalah film Indonesia pertama yang secara resmi diproduksi oleh Indonesia sebagai sebuah negara (setelah berakhirnya Perang Kemerdekaan Indonesia). Merupakan produksi pertama dari Perusahaan Film Nasional Indonesia (Perfini), Film ini disutradarai oleh Usamr Ismail dan dibintangi oleh Faridah. Skenario ditulis oleh penyair Sitor Situmorang, yang menceritakan kisah cinta seorang pejuang dengan seorang Belanda yang menjadi tawanannya.