SINEREVIEW

May 02 2017 by arwuda

Jailangkung : Yuk, Datang Gendong, Pulang Bopong di Lebaran Nanti!

SETELAH spyshot foto dari lokas syuting film Jailangkung, Screenplay Films juga merilis penjelasan tentang produksi terbaru film mereka. Selain keterlibatan dua sutradara pencetak box office film horor, Jose Poernomo dan Rizal Mantovani. Screenplay juga melibatkan dua pemain idola remaja saat ini, Amanda Rawles dan Jefri Nichol.

JUMAT (28/4) Screenplay mengirim rilis berikut  gambar poster Jailangkung. Sepertinya baru poster awal yang memperlihatkan image boneka sebagai medium pemanggil arwah, Jailangkung. Image dengan tampilan gambar tempurung kelapa dengan gagang melintang, dalam praktik permainan pemanggilan arwah sebenarnya adalah gayung atau ciduk yang terbuat dari batok kelapa. Foto gayung tempurung kelapa itu yang kini dikirimkan Screenplay sebagai image awal film Jailangkung.

Foto poster awal Jailangkung memperlihatkan kesan sepi, dingin, mencekam, dengan asap ada di bagian badan boneka. Dalam praktik yang lebih serius, pemanggil arwah kerap menggunakan dupa yang konon dianggap sebagai undangan untuk sang arwah agar hadir di ‘pesta kecil’. Poster awal Jailangkung hanya menampilkan dua nama sutradara film. Tanpa mencantumkan nama pemain utama film.

Tapi sebelumnya, Screenplay Films sudah menginformasikan bahwa Amanda Rawles dan Jefri Nichol bermain sebagai  pemain utama Jailangkung. Juga ada Lukman Sardi, Hanna Al-Rasyid, Butet Kertaradjasa dan Wulan Guritno. “Amanda Rawles sukses di film produksi Screenplay, Promise. Bersama Jefri Nichol, Amanda juga sukses memerankan sepasang kekasih di film box office. Kami melihat ada chemistry menarik dari pasangan Amanda dan Jefri Nichol. Keduanya juga memiliki fans-base fanatik,” jelas Michel Khatwani, Line Producer film Jailangkung.

“Ini pertama kali saya berperan di film horor. Pertama kali juga dikasih tahu untuk melatih fisik sebelum syuting berlangsung. Katanya banyak adegan lari-lari. Dan memang benar, butuh energi bermain di film horor,” jelas Amanda Rawles yang berperan sebagai Bella. Amanda begitu menikmati syuting film horor pertamanya. Bahkan untuk pertama kalinya pula, ia ditangani dua sutradara yang memang piawai menggarap film-film horor.

Jefri Nichol, pemeran Rama, juga menyebut bahwa bermain di film Jailangkung butuh intens dalam bermain. “Memang melelahkan. Emosi harus intens dan terjaga. Rasa takut, tegangnya, wah bener-bener butuh energi dan capek banget,” ungkap Jefri. Bermain di film Jailangkung menjadi pengalaman mengesankan bagi Jefri yang baru bermain di dua film tahun 2017 ini. Ia juga hepi dipertemukan kembali dengan Amanda Rawles.

Amanda maupun Jefri memiliki tantangan tersendiri bermain di film ini. Amanda berharap penonton juga menikmati cerita dramanya.  “Jadi film Jailangkung ini tidak melulu bercerita tentang teror dan ketakutan. Tapi ada bagian drama yang tak kalah menyentuh,” jelas Amanda.

Dengan tagline ‘Datang Gendong, Pulang Bopong’ film Jailangkung dirilis di Lebaran 2017 nanti!

(Sinemata/ *)

TRIVIA

Tanggal 30 Maret secara resmi dijadikan Hari Film Nasional Indonesia melalui Keppres No 25/1999. Tanggal ini bertepatan dengan hari dimulainya poroduksi film lokal pertama di Indonesia yaitu: Darah dan Doa (1950), karya Usmar Ismail